Ragam Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

1 min read

Ragam Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Mendengar kata alpukat pasti terbayang dengan betapa segarnya buah ini ketika masuk dalam mesin blender dan berpadu dengan dinginnya es. Alpukat memang dikenal sebagai buah yang biasa dijadikan jus segar untuk melepas dahaga. Namun tahukah kalian bahwa alpukat memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil. Apa saja manfaat alpukat untuk ibu hamil? Simak ulasannya berikut ini.

9 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Mengobati Anemia

Kekurangan zat besi merupakan kondisi yang sering dialami oleh ibu yang sedang hamil. Kekurangan zat besi inilah yang menjadi penyebab anemia. Mengonsumsi alpukat merupakan tindakan tepat untuk mengobati anemia pada ibu hamil karena alpukat mengandung banyak zat besi yang diperlukan ibu hamil.

Sumber Asam Folat

Asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena berkaitan dengan perkembangan janin yang dikandungnya. Ibu hamil yang sedikit mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat berisiko mengalami kelahiran cacat pada bayinya. Asam folat pada perkembangan janin ini berfungsi untuk memicu pertumbuhan serta perkembangan organ-organ yang tepat. 

Alpukat sangat baik untuk ibu hamil karena mengandung asam folat yang tinggi. 5 mikrogram asam folat terkandung dalam setengah cangkir buah alpukat.

Membantu Pencernaan

Penyakit lain yang kerap dialami ibu hamil selain anemia atau kekurangan zat besi adalah sembelit. Hal tersebut berkaitan dengan kondisi pencernaan ibu hamil yang sedikit mengalami keterlambatan. Ibu hamil dapat lebih mudah dalam melakukan buang air dengan banyak mengonsumsi buah alpukat yang kaya akan serat.

Mempertahankan Kadar Gula Dan Kolesterol

Banyak orang salah mengira mengenai kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat yang dapat memicu peningkatan kasar kolesterol. Faktanya, kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat merupakan lemak baik yang aman dikonsumsi karena tidak memicu peningkatan kolesterol. Sebaliknya, alpukat dapat membantu menjaga kadar kolesterol serta gula pada ibu hamil.

Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Kandungan klorin yang terdapat dalam buah alpukat sangat baik untuk perkembangan otak janin dan juga perkembangan syarafnya. Perkembangan otak janin merupakan salah satu hal terpenting yang harus ibu hamil perhatikan menyangkut keadaan bayi nantinya.

Meredam Kram Pada Kaki

Kram kaki sering dialami pada masa kehamilan. Namun hal ini dapat diatasi dengan banyak mengonsumsi alpukat yang kaya akan kalium serta kalsium yang cukup tinggi. Dibanding dengan mengonsumsi pisang, kandungan kalium dalam alpukat lebih tinggi.

Mengandung Banyak Mineral

Banyak mineral yang terkandung dalam buah alpukat. Mineral-mineral ini sangat dibutuhkan ibu hamil untuk kesehatan dan perkembangan janin yang dikandungnya. Mineral-mineral tersebut di antaranya adalah kalsium, magnesium, fosfor, seng, niasin, tembaga, serta mangan. 

Mineral tersebut sangat dianjurkan ada dalam makanan yang dikonsumsi ibu hamil karena sangat penting untuk perkembangan janin.

Menjaga Berat Badan

Kenaikan berat badan yang terlalu berlebih menyebabkan ketidaknyamanan bagi ibu hamil. Untuk mengatasi hal itu, kalian bisa mengonsumsi jus alpukat selama kehamilan untuk menghindari kenaikan berat badan secara berlebih. Selain itu alpukat dapat menjaga kesehatan kalian selama masa kehamilan.

Mengurangi Mual

Vitamin C yang terkandung dalam alpukat dapat dijadikan solusi untuk mengatasi mual-mual yang biasa dialami oleh ibu hamil. Mual-mual yang dialami ibu hamil sering kali membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan kelelahan.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang telah dipaparkan di atas dapat membantu kalian dalam menjaga kesehatan di masa kehamilan. Ibu hamil yang sehat akan melahirkan janin yang juga sehat.

Semoga artikel trentang Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin diatas, bermanfaat untuk kalian semua.

Sumber Gambar : https://www.freepik.com/dashu83

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *