Kurma Muda, Buah Kecil yang Kaya Manfaat

1 min read

Kurma Muda, Buah Kecil yang Kaya Manfaat_

Di bulan Ramadan, kurma menjadi salah satu buah yang tak luput dari incaran para pembeli. Berbagai macam jenis kurma memang telah terbukti memiliki khasiat bagi tubuh. Tak hanya kurma yang sudah matang, ternyata kurma muda juga tak kalah banyak manfaatnya. Lalu, apa saja manfaat kurma muda bagi kesehatan tubuh? Simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Buah Kurma Muda bagi Kesehatan

Menstabilkan gula darah

Penyakit yang berkaitan dengan gula darah merupakan penyakit yang banyak memicu kematian. Untuk menstabilkan gula darah agar tidak mengalami peningkatan Anda dapat mengonsumsi kurma muda sebagai obat alami. Hal tersebut dikarenakan kandungan gula kurma muda yang lebih sedikit dibandingkan dengan kurma tua.

Kandungan serat tinggi yang dimiliki oleh kurma muda juga akan membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda akan terhindar dari makan secara berlebihan yang dapat memicu gula darah mengalami kenaikan.

Memenuhi kebutuhan cairan

Kurma segar mengandung lebih banyak air dibandingkan dengan kurma yang sudah mengalami proses pengeringan. Oleh karena itu Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan ketika haus atau bahkan dehidrasi dengan mengonsumsi kurma muda.

Melancarkan pencernaan

Seperti yang sudah dibahas tadi, bahwa kurma muda memiliki kandungan serat tinggi yang selain bisa membuat kenyang lebih lama juga bisa membantu melancarkan pencernaan.

Terdapat 7 gram serat dalam setiap 100 gram kurma muda yang sudah cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan serat harian Anda sebanyak 25%. Sistem pencernaan yang lancar akan membuat Anda terhindar dari gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare.

Membantu penyerapan nutrisi

Selain melancarkan pencernaan, kandungan serat pada kurma muda juga membantu menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Dengan nutrisi yang terserap dengan baik maka asupan nutrisi dalam tubuh dapat digunakan secara efektif.

Meningkatkan sistem imun

Peningkatan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi kurma sangat efektif karena kurma muda mengandung banyak antioksidan. Kebiasaan mengonsumsi kurma muda ini bahkan sudah dilakukan masyarakat Timur Tengah di pagi hari sebelum sarapan untuk membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami.

Detoksifikasi merupakan pengeluaran racun-racun yang terdapat di dalam tubuh sehingga tubuh lebih sehat dan tidak mudah terjangkit penyakit. Setidaknya terdapat tiga jenis antioksidan pada kurma muda yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun.

Ketiga jenis tersebut antara lain flavonoid yang berguna untuk mengurangi risiko diabetes bahkan beberapa jenis kanker, carotenoid yang berguna untuk menyehatkan jantung dan mata, serta asam phenolic yang mengurangi risiko penyakit jantung.

Membantu menurunkan berat badan

Program diet yang Anda lakukan dapat dibantu dengan mengonsumsi kurma muda yang kaya akan serat. Selain membuat kenyang lebih lama, seratnya juga baik untuk nutrisi tubuh Anda. Namun jangan lupa juga untuk tetap mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat yang lain.

Melancarkan persalinan

Manfaat kurma muda juga bisa dirasakan oleh ibu hamil, salah satunya dapat melancarkan persalinan. Hal ini dikarenakan kandungan dalam buah kurma yang dapat merangsang pembukaan jalan lahir sehingga dapat mempersingkat waktu persalinan.

Dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengonsumsi kurma muda, ibu hamil yang mengonsumsi kurma muda lebih sedikit membutuhkan induksi. Kandungan dalam kurma ini serupa dengan hormon oksitosin yang berperan dalam proses persalinan ibu hamil. Kandungan tanin dalam kurma juga efektif untuk merangsang kontraksi.

Mengingat banyak manfaat yang terkandung dalam kurma muda, maka sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *