Hilangkan Mual Saat Hamil Dengan Tips Berikut Ini

1 min read

menghilangkan mual saat hamil - Hilangkan Mual saat Hamil dengan Tips Berikut Ini

Mual memang pasti dialami ibu-ibu yang sedang mengandung, terutama kehamilan muda. Tak jarang rasa mual menjadikan tubuh terasa lemas dan tidak nafsu makan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Cara menghilangkan mual saat hamil dapat kalian simak dalam ulasan berikut ini.

Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil

Konsumsi Lebih Banyak Air

Kebutuhan cairan yang dialami saat masa kehamilan memang lebih banyak dari biasanya. Untuk mengatasi kekurangan cairan maka minumlah lebih banyak air putih dari biasanya, yakni sekitar 10-12 gelas setiap harinya. Kebutuhan cairan yang terpenuhi akan menjadikan suhu tubuh dapat terjaga dengan baik, sehingga rasa mual atau ingin muntah dapat teratasi.

Mencium Bau Harum Yang Menyegarkan

Hormon estrogen yang dikeluarkan pada masa kehamilan memicu indera penciuman yang sensitif. Indera penciuman yang sensitif inilah yang menyebabkan ibu hamil lebih mudah mengalami rasa mual dan ingin muntah. Aroma yang selama ini biasa saja bisa jadi tidak disukai ketika masa kehamilan, contohnya aroma suami sendiri.

Untuk mengatasi rasa mual kalian dapat mencium bau harum yang menyegarkan, seperti aroma lemon atau aroma rosemary. Pilihlah aroma berbahan alami agar lebih aman dan tidak merusak indera penciuman kalian.

Tidak Makan Secara Langsung

Asam lambung yang meningkat menjadi alasan seringnya ibu hamil mudah merasa kembung. Hal tersebut dapat membuat rasa mual muncul dan membuat nafsu makan menjadi berkurang. Tidak makan merupakan hal yang harus dihindari karena janin memerlukan nutrisi yang baik dari apa yang dikonsumsi ibunya. Memaksa makan banyak juga tidak baik karena memberatkan sistem pencernaan.

Solusi untuk menghindari kembung penyebab mual adalah dengan mengonsumsi makanan sedikit demi sedikit namun sering. Kalian bisa menyiapkan makanan ringan yang sehat ke mana pun untuk meredam rasa mual.

Hindari Penyebab Rasa Mual

Untuk menghindari rasa mual saat hamil, kalian bisa memulainya dengan memerhatikan apa saja yang dapat membuat kalian merasa mual, misalnya aroma suami kalian sendiri. Setelah mengetahui bau yang dapat membuat mual maka hindarilah bau itu sebisa mungkin.

Jika berkaitan dengan bau yang ada pada orang-orang di sekitar kalian, kalian bisa memberitahukan mereka untuk mengurangi aroma tersebut.

Mengonsumsi Permen Jahe Atau Olahan Jahe Lainnya

Jahe yang memiliki rasa sedikit pedas dan menimbulkan efek hangat dapat juga digunakan untuk menjauhkan rasa mual pada ibu hamil. Kalian bisa mengunyah permen jahe atau membuat minuman yang diberi jahe agar rasa mual bisa teratasi. Bawalah selalu permen jahe agar saat mual datang kalian dapat mengonsumsinya.

Istirahat Cukup

Selain dapat menghindari morning sickness pada ibu hamil, tidur dengan waktu yang cukup juga terbukti dapat mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Luangkan waktu sejenak untuk beristirahat dengan cara mengambil napas dalam-dalam sebelum tidur. Tidur akan meredakan berbagai keluhan termasuk rasa ingin muntah saat masa kehamilan.

Alihkan Pada Aktivitas Yang Disukai

Aktivitas yang kalian sukai dapat menjadi penangkal rasa mual yang sering datang. Kalian dapat mengalihkan perhatian pada aktivitas tersebut, seperti membaca buku, bermain games sebentar, atau hanya menikmati udara luar walaupun hanya sebentar. Olahraga ringan juga terbukti ampuh dijadikan sebagai cara menghilangkan mual saat hamil.

Selain pihak ibu yang bisa menggunakan tips di atas, suami juga bisa membantu sang istri dengan membantunya melakukan cara menghilangkan mual di atas atau merekomendasikannya.

Image : https://www.freepik.com/senivpetro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *