Hikmah dan Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

1 min read

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Berpuasa tidak hanya untuk orang muslim saja. Tentu saja, semua orang bisa berpuasa. Ada banyak temuan para ilmuwan, bahwa puasa memang bermanfaat untuk kesehatan. Dari mulai melancarkan metabolisme tubuh, dan lainnya. Bahkan, sekarang ini banyak orang-orang melakukan diet dengan cara berpuasa. Wah, sepertinya memang banyak sekali ya manfaat puasa untuk kesehatan itu?

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Puasa Bisa Menurunkan Berat Badan

Hal inilah yang kemudian menjawab pertanyaan orang-orang yang melakukan diet dengan puasa. Ternyata, ketika kita berpuasa, khususnya tidak menerima asupan selama 12 jam atau lebih, sistem pencernaan kita sedang mencerna seluruh zat yang ada pada tubuh. Jadi, selama 8 jam setelah asupan makanan terakhir yang masuk, proses ini memang berjalan.

Setelah itu, karena tidak ada asupan makanan yang masuk, kemudian tubuh akan menggunakan energi cadangan yang kita simpan, yaitu glukosa yang ada pada hati dan otot. Energi cadangan tersebut lah yang menjadi sumber tenaga kita. Dengan kata lain, setiap harinya, energi cadangan kita selalu terkuras dan habis, hingga tubuh membutuhkan lemak sebagai sumber energi. 

Jika lemak dijadikan sebagai sumber energi, tentu saja kadar lemak dalam tubuh kita akan berkurang. Hal ini akan membuat berat badan pada tubuh semakin berkurang. Logis bukan?

Mencegah Penyakit

Berpuasa saja tidak akan menyembuhkan penyakit, namun bisa mencegah atau mengurangi risiko terkena penyakit. Mengapa demikian? Ternyata, racun-racun yang tersimpan dalam tubuh itu tersimpan di dalam lemak. Kemudian, lemak tersebut akan ikut keluar karena menjadi sumber energi kita, otomatis racun-racun juga keluar bukan?

Ada beberapa studi pada 2008 yang mengatakan bahwa puasa teratur akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan penggunaan lemak yang dijadikan menjadi energi oleh tubuh, akan menurunkan kolseterol pada tubuh.

Tekanan Darah Akan Turun

Tekanan darah yang tinggi, bisa distabilkan dengan pola hidup berpuasa secara teratur. Tidak harus berpuasa saat ramadhan saja, namun Anda juga bisa melakukan puasa senin-kamis untuk menurunkan tekanan darah. 

Sebenarnya, tidak hanya berpuasa saja yang bisa menurunkan tekanan darah, namun asupan garam yang sedikit juga menjadi faktor penting.

Awet Muda

Tidak hanya digunakan untuk diet saja, sebuah penelitian menyebutkan bahwa puasa juga bisa menyebabkan awet muda. Puasa akan memperpanjang umur dan menghambat penuaan secara dini. Sayangnya, penelitian ini baru pertama kali diujikan pada hewan. Sedangkan, untuk manusia masih dalam tahap penelitian.

Berperan Dalam Regenerasi Sel

Semakin usia bertambah, semakin banyak juga sel-sel jahat yang ada dalam tubuh. Ternyata, dengan berpuasa secara teratur, itu akan membuat sel-sel mendaur ulang kembali. Sel tersebut melakukan proses pencernaan sel yang disebut sebagau autofagi. Tubuh akan memperbaiki sel dan jaringan yang rusak, sehingga semakin sehat dan bugar.

Menyehatkan Jantung

Manfaat puasa untuk kesehatan selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Orang yang berpuasa memiliki resiko terkena penyakit jantung hingga 58% dari orang yang tdidak berpuasa. Sebenarnya, tidak hanya puasa saja, namun harus tetap dibarengi dengan tidur teratur, olahraga teratur, dan memakan asupan gizi yang seimbang.

Sekarang ini, puasa bukan hanya tentang agama atau religi, namun menjadi gaya hidup untuk mencapai tubuh yang sehat. Lakukan sahur yang teratur dan tetaplah makan makanan yang bergizi, karena jika Anda berpuasa namun tetap tidak melakukan aktivitas yang menyehatkan, manfaat/khasiat diatas tentu tidak akan berpengaruh pada tubuh.

Semoga artikel tentang manfaat puasa untuk kesehatan ini bermanfaat untuk kalian.

Sumber Image : https://www.freepik.com/freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *