7 Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

1 min read

7 Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil_

Saat sedang hamil, wanita memang tidak hanya membutuhkan sebatas asupan makan makanan bergizi saja. Namun harus dibarengi juga dengan aktivitas sehat lainnya. Salah satu hal yang wajib ibu hamil lakukan adalah berolahraga. Lantas, apa saja olahraga untuk ibu hamil yang bisa dipraktekkan?

Ternyata, ada banyak olahraga yang bisa kalian lakukan di rumah, tanpa harus datang ke griya kebugaran atau tempat senam. Namun, ibu hamil tetap harus waspada juga, jangan sampai olahraga ini membuat kalian kelelahan dan amit-amitnya, bisa membahayakan janin.

Olahraga untuk Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan di Rumah

Jalan Kaki

Tentu saja, melakukan olahraga tidak harus yang ekstrem-ekstrem. Hanya dengan berjalan kaki dengan santai saja, itu termasuk olahraga juga lho. kalian tidak perlu berlari, apalagi hingga beberapa kilometer jauhnya. 

Berdasarkan penelitian, berjalan kaki bisa membuat fisik menjadi sehat. Sedangkan untuk ibu hamil sendiri, olahraga ringan ini bisa membuat janin menjadi sehat, khususnya bagian jantung. Tidak perlu lama-lama dalam berjalan, luangkan saja waktu selama 30 menit sambil berjalan-jalan mengelilingi kompleks rumah. Menyenangkan bukan?

Yoga

Jangan remehkan yoga, Olahraga yang satu ini cukup digemari oleh kalangan wanita. Olahraga yoga dapat membantu ibu hamil dalam mengurangi ketegangan, meningkatkan suasana hati atau mood, sampai bisa melancarkan persalinan.

Olahraga yang terkenal dengan pengaturan nafas dalam tubuh dan hal-hal yang berbau konsentrasi ini, pada awalnya membutuhkan instruktor. Tapi, karena kecanggihan teknologi yang bisa diakses dimana saja, kalian bisa melihat cara-caranya di youtube. Hanya bermodalkan yoga mat saja, setiap pagi kalian bisa melakukan olahraga yang menyenangkan ini.

Aerobik

Gerakan aerobik memang mengharuskan para pesertanya untuk bergerak secara aktif. Namun, ada penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga yang satu ini baik untuk perkembangan janin. Tapi harus diingat, hanya gerakan-gerakan yang dirasa nyaman lah yang boleh diikuti oleh ibu hamil.

Kegel

Senam kegel ternyata tidak berkhasiat hanya untuk mengencangkan daerah kewanitaan dan bokong saja. Namun senam ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan janin. Otot-otot panggul akan semakin kuat, sehingga menyebabkan hormon relaksin menjadi lebih stabil. 

Hormon relaksin adalah hormon yang dihasilkan ketika wanita sedang hamil. Pada saat persalinan, hormon ini akan membantu melancarkan proses kelahiran dengan melembutkan sendi juga ligamen.

Berenang

Kalian yang bisa berenang, masih bisa melakukan aktivitas olahraga ini ketika hamil. Tidak usah takut, ternyata olahraga yang satu ini membuat janin menjadi lebih mudah keluar saat persalinan. Tekanan di air juga membuat rileks tubuh.

Sepeda Statis

Jika bersepeda di jalan atau di kompleks terlalu beresiko untuk orang hamil, maka kalian bisa melakukan olahraga sepeda statis di tempat fitness atau di rumah. Dengan begitu, kalian tidak akan terpapar sinar matahari karena berolahraga di luar, namun tetap membakar kalori kok! 

Pilates

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pilates bisa membantu mengurangi sakit pada otot perut, sakit pada punggung, dan tentunya akan berpengaruh pada proses persalinan ibu hamil nantinya. Pilates akan membuat otot-otot panggul lebih rileks dan melancarkan proses melahirkan.

Diantara olahraga untuk ibu hamil diatas, olahraga mana yang ingin dilakukan? kalian juga bisa menjadwalkan beberapa list olahraga diatas. Misalnya, minggu pertama berolahraga pilates, minggu kedua yoga, minggu ketiga kegel, dan lain-lain. Selamat mencoba dan tetaplah makan makanan yang bergizi ketika hamil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.