Aplikasi Baca Berita IDN App, Wadahnya Kaum Milenial dan Gen Z

2 min read

Aplikasi Baca Berita IDN App, Wadahnya Kaum Milenial dan Gen Z

IDN Times adalah salah satu media mainstream tanah air yang banyak digunakan sebagai refrensi atau juga untuk situs baca berita baik lokal maupun internasional. Secara spesifik IDN Times menyasar para kaum Generasi Milenial dan Gen Z.

Berbeda dengan media mainstream lain yang hanya berfokus pada profit oriented, IDN Times memiliki landasan filosofis yang menarik. Portal milk IDN Media Group ini ingin menjadi wadah suara bagi para kaum milenial an Gen Z. Termasuk ketika meriliis aplikasi IDN Apps.

Apa Itu IDN App ?

Per tahun 2020 lalu IDN Times resmi mencoba beradaptasi dengan meluncurkan sebuah aplikasi berita yaitu IDN Apps. Pembaharuan aplikasi juga dilakukan pada tahun 2021 sebagai bentuk komitmen pihak IDN Times menyedikan platform berita terlengkap.

Peluncuran aplikasi baca berita ini tidak lama setelah IDN Times merilis sebuah riset yang menyebutkan jika secara umum kaum Milenial dan Gen Z akan terpusat pada smartphone dalam mencari informasi. IDN Times juga menyebutkan jika kebanyakan pembaca berita dari situs ini berasal dari mobile device.

Sehingga kehadiran aplikasi IDN App akan menjadi sangat relevan dengan kebutuhan informasi bagi Generasi Milenial dan Gen Z yang selalu membutuhkan update informasi dan berita terbaru.

Deskripsi Konten IDN Apps

Sebagai salah satu media mainstream tanah air secara prosedural IDN Apps tentu juga memiliki proses editorial yang ketat. Sistem ini secara langsung akan menghasilkan sebuah konten dengan kualitas tinggi dan berbasis dengan fakta.

Hal ini selaras dengan apa yang selama ini menjadi visi dan misi dari IDN Times yaitu turut berperan dalam proses demokratisasi informasi melalui konten yang akurat berbasis fakta, seimbang, informasi postif serta menjadi wadah  suara bagi generasi Millenial dan Gen Z.

Selain memunculkan konten berbasis news atau berita, konten yang ada dalam IDN Apps juga sesuai dengan delapan nilai utama dari situs IDN Times. Nilai ini akan menjadi dasar bagi IDN untuk membuat sebuah konten dari aplikasi IDN Apps.

  • Gender equality
  • Unity in different races and ethnicities
  • Unity in different religions
  • Unity in different worldview
  • Anti sexual harassment
  • Anti bullying
  • Anti stereotyping
  • Redefining beauty

Kelebihan Aplikasi IDN App

Sukses dirilis pada tahun 2020 lalu, IDN App kembali berkomitmen untuk berinovasi demi memanjakan para generasi Milenial dan Gen Z. Contohnya adalah ketika aplikasi ini melakukan perubahan pada tahun 2021 lalu. Berikut fitur lengkap dari IDN App :

1. Fitur Topics and Follow

Ketika baru pertama kali menginstall atau bergabung dengan IDN App, diawal Anda akan disuguhkan pada beberapa pilihan berita. Mulai dari berita politik hingga berita olahraga atau berita Indonesia atau mancanegara.

Anda bisa memilih salah satu topik tersebut atau mengklik menu follow. Fungsinya adalah agar Anda terus mendapatkan pembaharuan informasi yang terkait dengan topik yang Anda ikuti. Nantinya aplikasi akan memberikan notifikasi apabila ada pembaharuan baru.

2. Ruang Diskusi dan Tanya Jawab

IDN Times sepenuhnya menyadari jika generasi Milenial atau Gen Z akan lebih memilih berkolaborasi ketimbang bersaing. Salah bentuk kolaborasi adalah dengan berdiskusi, IDN App sendiri memiliki fitur untuk melakukan hal tersebut.

Jangan heran apabila dalam beberapa tahun kedepan IDN App sudah menjelma sebagai platform diskusi nomor satu bagi milenial dan Gen Z. Diskusi juga selaras dengan visi filosofis IDN Times yang ingin melakukan demokratisasi proses informasi.

3. Kuis Untuk Pembaca

IDN App juga dilengkapi dengan kuis untuk meningkatkan engagement dengan para generasi Milenial atau Gen Z. Segmen kuis tentu saja disesuaikan dengan minat dua generasi ini, misalnya saja keberadaan Quiz K-Pop.

Kesimpulan

IDN App adalah sebuah aplikasi yang wajib diunduh oleh kaum Milenial dan Gen Z. Tidak hanya dari segi kualitas konten saja akan tetapi visi dan misi IDN Media selaku pengembang IDN App sangat sesuai dengan dua generasi tersebut.

Sumber :

  • Google  Playstore IDN App
  • www.idntimes.com